Rabu, 27 November 2013

Khulafaurrasyidin

KHULAFAURRASIDIN

1.       Nabi Muhammad tidak pernah menunjuk dan mempersiapkan pengantinya kelak setelah beliau wafat. Kecuali pernah menunjuk Abu Bakar untuk menggantikannya menjadi imam salat pada waktu Nabi sedang sakit. Nabi Muhammad wafat pada tahun 632 M (10 H).
2.       Khulafaurrasyidin berasal dari kata khulafa dan arrasyidin
3.       Kata Khulafa adalah bentuk kata jamak dari kata tunggal khalifah.
4.       Khalifah menurut arti bahasa berarti pengganti.
5.       Arrasyidin adalah bentuk kata jamak dari kata arrasyid yang berarti  orang yang mendapat petunjuk.
6.       Menurut istilah Khulafaurrasyidin adalah orang-orang dari kalangan sahabat Nabi Muhammad saw. Yang menggantikan beliau sebagai pemimpin agama dan negara.
7.       Yang dimaksud khulafaurrasyidin adalah Abu Bakar Assiddiq, Umar bin Khattab bin Khtab, Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Selain khulafaurrasyidin, mereka juga disebut khalifah-khalifah terpercaya, khalifah besar dan penerus teladan.
8.       Tugas khlafaurrasyidin adalah meneruskan tugas Nabi sebagai pemimpin agama dan negara.
9.       Khulafaurrasyidin diangkat dengan dua cara, yaitu; dengan musyawarah seperti pengangkatan Abu Bakar, usman bin affan dan ali Bin Abi Thalib; dan dengan ditunjuk seperti pengangkatan Umar bin Khattab bin Khattab. Umar bin Khattab menjadi khalifah ditunjuk oleh Abu Bakar setelah mendapat persetujuan oeh para sahabat.
10.   Dalam menjabat sebagai khalifah, Abu Bakar disebut dengan khalifatu rasulillah (pengganti rasulillah). Demikian juga Usman dan Ali. Untuk Umar bin Khattab Bin Khattab lebih disebut dengan khalifatu khalifati rasulillah (penggantinya pengganti rasulillah). Umar bin Khattab lebih menyukai gelar amirul mukminin (pemimpin orang yang beriman).
11.   Masa kepemimpinan Khulafaurrasyidin mulai tahun 632 M/11 H sampai dengan tahun 661 M/41 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar